Selasa, 06 Januari 2009

Arah langkahku.....ke 1

Sekitar Jam 18.30 Aku berangkat kerja ke arah kebayoran baru Brawijaya IV , dengan menggunakan kendaraan umum Mikrolet s66 Jurusan Blok M, Setalah sampai blok M aku ganti Bus menjuju arah kemang dan dipersimpangan perumahan Peruri Aku turun dan menyebrang sampailah tempat bekerjaku. yaitu Taman Rekreasinya Orang America ( AERA CLUB).

Sejak Ayahku Meninggal Aku menggantikan ayahku bekerja yaitu tahun 1981 dan akupun Masih duduk dikelas 1 SMAN. Malam aku bekerja dan siang aku sekolah. Sepulang sekolah Aku bergegas pulang dan siap siap untuk berangkat kerja.
Posisi Jabatanku adalah sebagai security, Masuk kerja jam 20.00WIB s/d Jam 4.00 Pagi, sedangkan tugasku adalah mulai jam 20.00WIB aku jaga pintu gerbang untuk keluar masuk mobil tamu atau Member american club. dan Club itu tutup jam 22.00 WIB setalah tutup pintu dan Aku keliling dilingkungan tersebut setiap 1 jam sekali, Aku ditemani oleh 3 orang teman kerjaku....Jumlah Security ada 5 Orang dan setiap 1 Minggu ada libur satu hari. libur harinya telah dibuatkan jadwalnya oleh supervisor security.
Sambil menunggu dan menjaga keamanan dilingkungan aku mengulangi pelajaran sekolah untuk hari esoknya. Setiap malam aku kurang tidur karena paling banyak adalah 3 Jam untuk tidur bergantian dengan teman temanku.
Satu tahun lewat Aku bekerja sebagai Security dan kebetulan peratuaran keamanan setiap perusahaan menggunakan Security harus ada training oleh aparat kepolisian dan menggunakan seragam yang sudah dicanangkan yaitu SATPAM. Disela pergantian System Keamanan. Aku dipindah kedalam kebagian Basboy Restauran (Dnning Room) American Club.
Aku bekerja Shift Siang Jam 14.00 s/d 21.00 WIB tugas dan tanggung jawabku adalah Membersihkan Carpet dan memasang Taplak Meja untuk persiapan Makan Malam, membersihkan Meja dan mengangkat Piring Kotor serta membersihkan Salad Bar ketika Tutup. Pekerjaan inilah banyak yang kudapatkan pelajaran dismping memperlancar Bahasa Inggris akupun mempelajari cara cara menyajikan makanan ke tamu.
Jadwalku masuk kerja Shift Siang dan kebetulan sekolahku kelas 2 Masuk Pagi. Setelah pulang sekolah kulangsung bekerja. dan kembali kerumah jam 23.00 hampir setiap kulakukan itu.
6 bulan kulakukan dengan rajin dan banyak belajar akhirnya aku diangkat menjadi Waiter dan akupun terus belajar dan menikmati kerjaan apa yang kulakukan dan kadang kala aku menjadi Bartendar dan pergi ketempat Pesta untuk menservise mereka yang berpesta. Lumayan penadapatanku terutama terima TIP dari para tamu.
Dengan menikmati pekerjaanku, aku kurang memperhatikan pelajaran disekolah dan tidak pernah belajar lagi seperti yang kulakukan diwaktu kelas satu, akhirnya nilai yangkudapat disekolah sangat tidak memuaskan.
Setahunku bekerja sebagai Waiter dan Bartendar aku dipindahkan dibagian Video Librarian-Seperti Rental Video Film film Baru( New Arrival) disinilah kami belajar banyak Pengalaman disamping Menghadapi tamu tamu kamipun menggunakan Computer untuk Mengupdate data, hampir setiap hari aku lakukan itu. serta melakukan penjualan barang yang diletakkan dicounter. Hampir setiap hari aku belajar menghadapi tamu yang complain dan yang baik, semua itu kulakukan dengan senyum.
3 tahun kulewati sekolah sambil bekerja, Alhamdullilah aku dapat menyelesaikan SMAku walau Hasilnya kurang memuaskan tapi aku bersyukur aku dapat menyelesaikan SMA sampai lulus. Setelah lulus SMA aku masih bekerja sebagai video librarian. Aku selalu berkeinginan lebih baik dalam kehdupanku dan Aku tidak bisa melanjutkan Ke Universitas sedih sekali. Tapi akupun tidak putus asa dikala libur kerjaku aku ambil Kursus Bahasa Ingris di IEC Gambir dan alhamdullillah aku bisa menyelsaikan sampai PAP (Preparatory Advance program) sertificate.
Sambil bekerja di American club, aku bekerja di Learning Centre IEC Jam 7.00 pagi sampai jam 12.00 dan aku masih tetap shift siang sebagai Video Library di American Club. dan waktu luangku kugunakan lagi untuk Kursus Accounting.
Ditempat pekerjaan aku selalu bercomunikasi dengan tamu tamu yang datang. Akhirnya ada tamu bertanya kepadaku " What's your Gradute..? aku jawab kalau aku lulusan SMA dan punya sertifikat Bhs.Inggris dan Sedang Kursus Akuntansi...". "okay tomorrow you can come to My Office ".. Tamuku mengunadang untuk datang kekantornya di Jl. Sudirman Gedung Metropolitan'. Aku senang sekali...
Aku Ijin tidak masuk kerja di IEC untuk datang ke Metropolitan Jl. Jendral Sudirman. dan sampai ditempat kantor itu aku datang lebih pagi sekali dan aku menunggu di Tempat tamu yang sudah disediakan. Tak lama aku menunggu Dia datang dan " How are you sugeng'.. I'm fine ... okay come on inside and ...you can sit in this desk.. akupun duduk di bangku kantor itu dan aku dipekenalkan oleh semua karyawan di kantor itu dan tak kala serunya dipanggil Karyawan asing yang sedang duduk tidak jauh dari bangku...and " Please train him to be Accounting and sugeng you can star tomorrow...working here for training" . Aku senang sekali ternyata orang yang mengajakku itu adalah the owner perusahaan tersebut dan sudah menjalankan bisnisnya di Indonesia 25 Tahun. bernama Mr. Harvey Goldstein.
Setelah Trainningku berhasil akupun mengundurkan diri dari kantor lama yang sudah 10 tahun aku bekerja. dan aku minta 1 bulan berhenti dari kantor lamaku untk serah terima kepada karyawan baru di American Club.dan The Owner Kantor Baruku menyetujui.
Bersambung ke 2

Tidak ada komentar: